5 manfaat Rambutan sebagai obat

RAMBUTAN
(Nephelium lappaceum L)



rambutan wartapengobatan
rambutan

Suku: Sapindaceae




Tanaman tropis dataran rendah ini biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman buah. Varietasnya bermacam-macam. Di antaranya binje, aceh, rapiah, dan lekang. Berbunga pada akhir musim musim kemarau.Berbuah pada awal musim hujan.

Bagian tanaman yang dipakai untuk pengobatan adalah daun, ranting, kulit buah, kulit kayu, biji, dan akar. Rambutan memiliki sejumlah nama daerah seperti rambot,jailan, bairabit (Sumatra), corogol, tundun, buwa buluwan (Jawa), sagalong,beliti (Kalimantan).


Kandungan dan Sifat


Buah rambutan mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, niasin, tiamin, dan vitamin C (30 mg/100 g daging buah).

Kulit buah dan daunnya mengandung tanin dan saponin. Sementara bijinya mengandung lemak dan polifenol. Kulit batangnya mengandung tanin, saponin, flavonoid, dan zat besi.

Kulit buahnya berkhasiat sebagai penurun panas, bijinya menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik). 

Kegunaan:

1. Disentri:

Ambil kulit 10 buah rambutan. Cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa separuhnya.Setelah dingin, saring. Minum 2x sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Alternatif herbal untuk disentri:
2. Demam:


Ambit kulit 15 buah rambutan. Keringkan.Cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring. Bagi menjadi 3 bagian sama banyak. Minum 3x sehari,masing-masing 1 bagian. 

Alternatif herbal untuk demam:
Cabe Jawa
Brotowali
Mahoni
Landep
Gandarusa
Cempaka Putih

3. Menghitamkan rambut beruban:

Tumbuk daun rambutan secukupnya sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk rata sampai menjadi bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan perasannya untuk membasahi rambut. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.


Alternatif herbal untuk rambut:

4. Diabetes:

Sangrai 5 biji rambutan. Giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 2x sehari,


Alternatif herbal untuk diabetes:
Ceplukan
Ginseng Cina
Jambu Mete
Jombang
Mahoni
Buncis

Rumput Teki

5. Seriawan:


Siapkan 3 ruas jari kulit kayu rambutan. Rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat.


Alternatif herbal untuk sariawan:
Aren
Biduri

Jambu Mete
Bandotan

0 Response to 5 manfaat Rambutan sebagai obat

Post a Comment