Manfaat penting Pasak Bumi sebagai obat


PASAKBUMI 
(Eurycoma longifolia Jack.) 

Suku: Simaroubaceae 

pasak bumi wartapengobatan
Pasak Bumi


Tinggi pohonnya hanya sekitar 2 m. Berbatang kecil, berkayu, Kayunya mudah dimakan hama. Akarnya jauh menembus tanah. Akar inilah yang dijadikan bahan Obat. Kadang tanaman ini disebut tongkat ali atau tongke ali di Minangkabau, dan mempoleh di Bangka. 

Kandungan dan sifat: 

Pasak bumi mengandung zat pahit eurikomolakton dan amarolida, Selain itu juga mengandung alkaloid yang sebagian terdiri atas brusin dan sedikit strichnin. Pasak bumi diyakini banyak orang dapat menambah vitalitas pria karena dapat meningkatkan hormon testosteron dan mengatasi ejakulasi dini. 

Akarnya bersifat mendinginkan, menetrallsir racun, dan melancarkan peredaran darah, Selain itu juga berkhasiat untuk mengatasi demam, rematik (nyeri otot), sakit kuning (jaumdice), diare, beriberi, perut busung (asitas).

Kegunaan:  

1. Disentri amuba: 

Ambil 2 g akar pasak bumi, rebus atau seduh dengan 110 ml air. Sisakan hingga 100 ml. Diminum 1x sehari.Lakukan hal ini selama 14 hari berturut-turut. 

Alternatif herbal untuk disentri:

2. Membangkitkan nafsu makan: 


Rebus atau seduh 1 g akar pasak bumi dengan 110 ml air.Sisakan hingga airnya tinggal 100 ml. Minumlah 1x sehari. Ulangi hal ini selama 3 hari berturut-turut.

Alternatif herbal untuk kurang nafsu makan:

Brotowali
Ginseng

3. Meningkatkan Gairah

Cuci bersih 5 g akar pasak bumi,lalu potong 2 - 3 cm.Seduh dengan 1 gelas air panas mendidih dan rendam selama semalam.Keesokan paginya setelah sarapan, minum air ramuan ini sekaligus. 

Alternatif herbal untuk meningkatkan gairah:
Ginseng Merah


0 Response to Manfaat penting Pasak Bumi sebagai obat

Post a Comment