pandan wangi dan 6 manfaatnya

Pandan Wangi

(Pandanus amaryllifolius Roxb.)


Suku: Pandanaceae

daun pandan wartapengobatan
Pandan Wangi


Tanaman ini sering ditanam di halaman rumah. Dapat juga ditemui di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap tumbuh subur dan liar. Daun Pandan Wangi akan mengeluarkan bau yang harum kalau diremas atau diiris-iris. Pandan Wangi juga sering digunakan sebagai bahan rampai, penyedap, pewangi dan pemberi warna hijau pada masakan atau penganan. 



Pengembangbiakannya cukup dengan pemisahan tunas-tunas muda yang tumbuh di antara akar-akarnya. 


Pandan wangi memiliki sejumlah nama daerah seperti seuke bangu, seuke musang (Sumatra), pandan rampe (Jawa), pandan seungit (Sunda), pondang (Sulawesi). Bagian yang digunakan dari tanaman ini adalah daunnya.

Kandungan dan sifat 

Daun pandan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol,dan zat warna. Daun pandan berkhasiat sebagai tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang. 


Kegunaan

1. Lemah saraf:

Ambil 3 helai daun pandan segar, cuci, lalu potong kecil-kecil, Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan,saring, kemudian diminum pagi dan sore, masing-masing 1 gelas. 

2. Rematik dan pegal linu:

- Gunakan 3 helai daun pandan segar, cuci bersih ialu diiris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan, aduk rata. Dinginkan, kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang sakit. Atau 

- Ambil 5 helai daun pandan segar dan 20 helai daun serai. Cuci bersih,lalu ditumbuk sampai halus.Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandapura masing-masing 1 sdm. Aduk sambil diremas sampai rata.Gosokkan dan urut pada bagian tubuh yang sakit. 

Alternatif herbal untuk rematik:

3. Gelisah:

Ambil 2 helai daun pandan segar, cuci, lalu diiris tipis-tipis. Seduh dengan segelas air panas. Dinginkan, lalu saring dan diminum sekaligus.Lakukan 2- 3x sehari hingga perasaan menjadi tenang.

Alternatif herbal untuk penenang atau gelisah:
Dlingo

4. Rambut rontok:



Gunakan 1 helai daun pandan, 10 helai daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 helai daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar, Cuci bersih, lalu potong secukupnya, Masukkan semua bahan ke dalam panci email,tambahkan minyak wijen,minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing 1/2 cangkir. Didihkan, lalu diangkat. Dinginkan, kemudian disaring. Oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan hal ini pada malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Dapat dilakukan 2 - 3x seminggu. 

Alternatif herbal untuk rambut:


5. Menghitamkan rambut:

Gunakan 7 helai daun pandan segar, cuci, lalu potong-potong. Daun pandan wangi yang sudah di petik tadi lalu di rebus dalam 1 liter air hingga warna air berubah menjadi hijau. Embunkan air rebusan semalam. Paginya, campurkan dengan air perasan 3 buah mengkudu matang. Air campuran ini digunakan untuk mencuci rambut. Lakukan 3x seminggu hingga rambut menunjukkan perubahan. 



Alternatif herbal untuk rambut:

6. Ketombe:

Ambil 7 helai daun pandan segar, cuci bersih, lalu digiling halus.Tambahkan 1/2 cangkir air bersih sambil diremas merata, Peras dan saring. Oleskan ke seluruh kulit kepala yang berketombe. Biarkan mengering,dan dapat diulang jika perlu. Sekitar 30 menit kemudian, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan setiap hati hingga ketombe menghilang. 

Alternatif herbal untuk ketombe:

Jarak Pagar

0 Response to pandan wangi dan 6 manfaatnya

Post a Comment