Beras merah untuk obat pelangsing, diare, beri-beri dan rematik

manfaat beras merah


Beras Merah

Suku : gramineae/Poaceae


 Beras merah lebih banyak memiliki vitamin B kompleks terutama di bagian kulit arinya. Karena itu, bubur beras merah dianjurkan sebagai makanan tambahan balita.

 Kegunaan

 Melangsingkan badan dan wasir

Gunakan dengan cara dimasak sebagai nasi atau bubur. Karena lebih kaya vitamin dan karbohidrat dalam bentuk kompleks, beras merah bisa dijadikan alternatif tepat untuk program pelangsingan dan pembentukan badan. Karena kandungan seratnya lebih tinggi, beras merah juga dianjurkan untuk penderita wasir.

Alternatif herbal untuk pelangsing:

Akar Wangi
Jati Belanda

Alternatif herbal untuk wasir:
Daun Wungu

Diare

-          Sangrai segengam beras merah sampai kuning. Giling halus, lalu seduh dengan air panas sambil diaduk rata sampai menjadi kuah kental(tajin). Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, minum sampai habis. Ulangi 2-3x sehari. Atau
-          Sediakan 3 sendok makan beras merah, 1 sendok teh buah mungsi, dan 1 sendok teh ketumbar. Sangrai semua bahan, lalu tumbuk halus. Seduh dengan air panas. Minum setelah dingin.

Alternatif herbal untuk diare:
Kayu Manis
Gandarusa

Beri-beri

Seduh 3 sendok makan bekatul beras merah dengan 100ml susu sapi sambil diaduk rata. Minum selagi hangat. Ulangi 2x sehari.


Alternatif herbal untuk beri-beri:

Rematik /Reumatik

Sediakan 1 sendok makan beras merah, ½ jari lempuyang, dan 3 buah cabai rawit. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu tumbuk sampai menjadi seperti bubur. Balurkan pada tempat yang sakit.

Alternatif herbal untuk rematik:

Pandan wangi
Sisik Naga
Mahoni
Merica
Gandarusa
Gadung
Daun Encok
Cakar Ayam
Bunga Pukul Delapan

Brotowali


0 Response to Beras merah untuk obat pelangsing, diare, beri-beri dan rematik

Post a Comment