Manfaat Eceng Gondok Untuk Mengobati Bengkak

Manfaat Eceng Gondok

Suku Pontederiaceae

manfaat eceng gondok untuk bengkak
Eceng Gondok


Umumnya orang mengenal tanaman yang sering dianggap gulma ini dengan nama tersebut. Tanaman ini mempunyai sejumlah nama lain di antaranya kelipuk di Palembang, ringgak di lampung, ilung-ilung (Dayak), bengok (banten), kembang bopong atau weweyan (jawa).

Tanaman ini sering ditemukan mengapung di air, dan terkadang berakar di dalam tanah. Tingginya 0,4-0,8m. Tanaman ini tidak berbatang, dengan akar tunggal, berbentuk oval, ujung meruncing dan pangkal runcing. Pangkal tangkai daunnya menggelembung, tepinya rata dengan panjang rata-rata antara 7-25cm. Daunnya licin berwarna hijau.

Bunganya majemuk, berbentuk bulir terletak di ketiak daun. Kelopaknya berbentuk tabung dengan jumlah benang sari 6, 3 diantaranya lebih panjang diantara yang lain. Mahkota lepas berwarna ungu dengan panjang 2-3cm.

Buah berbentuk kotak, warna hijau dengan 3 ruang didalamnya. Bijinya bulat berwarna hitam. Sedangkan akarnya serabut berwarna hitam.

Kandungan dan Sifat

Daun eceng gondok mengandung saponin,  flavonoida dan polifenol dan bersifat meredakan radang (antiinflamasi).

Manfaat eceng gondok untuk mengobati bengkak

1.       Mengobati Bengkak


Ambil 10gr tangkai daun enceng gondok, tumbuk hingga halus, kemudia balurkan pada bagian yang bengkak dan balut dengan kain bersih.

Alternatif herbal untuk bengkak:
Jombang
Bandotan
Dlingo
Eceng Gondok
Mahkota Dewa
Bawang Daun
Bandotan

0 Response to Manfaat Eceng Gondok Untuk Mengobati Bengkak

Post a Comment