13 manfaat tanaman jombang bagi kesehatan

Jombang atau Taraxacum officinale

Suku : Compositae

Manfaat jombang
Jombang


Pada umumya herba jombang ditemukan tumbuh liar di lereng gunung, tanggul, lapangan rumput, dan sisi jalan di daerah yang memiliki udara yang sejuk.

Tanaman Jombang dapat mencapai tinggi 10 hingga 25cm, pada bagian tumbuhan mengandung cairan seperti susu. Daun Jombang berkumpul membentuk roset akar dan bagian pangkal rebah menutup tanah. Tanaman Jombang juga memiliki daun tunggal, dengan bentuk lanset, sungsang dengan ujung runcing, pangkal menyempit menyerupai tangkai daun, tepi bergerigi tidak teratur dan kadang berbagi sangat dalam. Panjang daun jombang 5 hingga15cm, lebar 2 hingga 3,5cm, berwarna hijau dilapisi rambut halus berwarna putih, berkelamin ganda. Mahkota bunganya berwarna kuning, diameter 2,5 hingga 3cm. Buah jombang berbentuk tabung, berwarna putih. Akarnya panjang, tunggal atau bercabang.

Daun jombang yang masih muda dapat dimakan sebagai lalap atau dibuat salad, berkhasiat tonik. Daun jombang yang tua dapat dikukus atau dimasak sebagai sayuran. Manfaat dari bunga Jombang bisa digunakan untuk memberi warna kuning pada minuman atau kain. Jombang dapat dikembangbiakan dengan biji.

Kandungan dan sifat

Tumbuhan Jombang ini mengandung taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inulin, pektin, koumestrol dan asparagin. Pada bagian akar, jombang mengandung zat taraxol, taraxerol, taraxicin, taraxsterol, β-amyrin, stigmasterol, β-sitosterol, choline, levulin, pektin, inulin, kalium, glukosa dan fruktosa.

Komposisisi zat yang terdapat pada daun jombang terdiri dari lutein, violaxanthin, plastoquinone, tanin, karotenoid, kalium, natrium, kalsium, choline, tembaga, zat besi, magnesium, fosfor, silikon, sulfur, dan vitamin (A, B1, I B2, C dan D). Bunganya mengandung β -sitosterol, 5 -stigmast-7en-3-β-ol, asam folat dan vitamin C.

Bagian tumbuhan yang digunakan adalah herba dan akar yang segar maupun yang telah dikeringkan. Jombang dapat dikonsumsi sebagai obat minum maupun obat luar untuk penyhakit payudara bengkak, bisul dan luka bakar.Daunnya dapat direbus, digunakan untuk mandi atau diuapkan pada wajah. Adakalanya jombang digunakan untuk campuran resep.

Jombang jika di balurkan sifatnya dingin, berkhasiat sebagai antibiotik, antiradang, menghilangkan bengkak, menghancurkan sumbatan, peluruh kencing (diuretik), mengurangi panas, dan racun, serta meningkatkan produksi empedu.

Kegunaan

1.      Obat radang dan abses(nanah) payudara

Cuci 60gr herba jombang segar sampai bersih, lalu potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai air rebusan menyusut hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring lalu minum sampai habis. Lakukan 2x sehari sampai sembuh. Untuk pemakaian luar, cuci tumbuhan segar, giling sampai halus. Balurkan pada payudara yang sakit.

Alternatif herbal untuk randang:
Bandotan
Beringin

2.      Obat radang kantung empedu

Cuci 30 gr herba jombang segar sampai bersih, lalu potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai air rebusan menyusust hingga tersisa 1 gelas. Setelh dingin, saring, minum sampai habis. Lakukan 2x sehari , Lakukan sampai sembuh.

Alternatif herbal untuk randang:
Bandotan
Beringin

3.      Obat kanker

Rebus 20-60gr herba jombang segar dalam 3 gelas air, rebus sampai air rebusan menyusust hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sampai habis. Lakukan hingga sembuh.

Alternatif herbal untuk kanker:


4.      Obat keputihan akibat infeksi, kanker leher rahim, radang panggul

Sediakan 30 gr herba jombang segar(untuk kanker dan radang panggul sebanyak 60 gr), lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, potong dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus, 2x sehari, masing-masing ½ gelas. Selain direbus, herba juga dapat ditumbuk sampai halus. Selanjutnya, saring dan air saringannya diminum 2x sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif herbal untuk keputihan:

Alternatif herbal untuk kanker:

5.      Obat radang kandung empedu disertai hepatitis

Cuci 30-60 gr herba jombang segar sampai bersih, lalu potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air, rebus hingga air tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum 2x sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif herbal untuk radang:
Jambu mete
Beringin

6.      Obat diabetes, hipertensi

Cuci 30gr herba jombang segar, lalu dipotong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih. Rebus hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum 2x sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif herbal untuk hipertensi:


Alternatif herbal untuk diabetes:

7.      Obat bisul

Cuci herba jombang segar secukupnya sampai bersih, lalu giling sampai halus. Tempelkan ramuan pada bisul, lalu dibalut dengan perban. Untuk obat yang diminum, sediakan seloki air perasan jombang segar. Tambahkan arak yang jumlahnya sama banyak dengan air perasan, lalu panaskan. Setelah dingin, minum sekaligus untuk menghilangkan panas dan racun.

8.      Obat sakit maag kronis

Cuci 15 gr herba jombang segar sampai bersih, lalu potong serta tambahkan 1 sendok makan arak beras sambil diaduk. Minum ramuan ini setelah makan, 3x sehari, masing-masing 1/3 bagian.

Alternatif herbal untuk maag:
Kayu manis

9.       Obat kaki bengkak karena timbunan cairan

Cuci herba jombang segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring sampai air perasan terkupul sekitar 20ml. Minum air perasaan sampai habis, lakukan 3x sehari.

Alternatif herbal untuk bengkak:

1.   Obat memperbanyak ASI

Cuci 30 gr akar jombang segar, lalu potong kecil-kecil. Rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum 2x sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif herbal untuk melancarkan asi:

1.   Obat borok dan sakit kulit

Seduh herba jombang secukupnya dengan air panas. Gunakan air seduhan untuk mencuci borok atau mengkompres penyakit kulit selagi hangat.

Alternatif herbal untuk borok:

1.   Obat luka bakar, tersiram air panas

Cuci akar 1 tanaman jombang yang masih segar, tumbuk sampai halus, lalu peras dan saring. Oleskan air saringannya pada bagian tubuh yang sakit.

Alternatif herbal untuk luka:

1.   Obat bercak hitam di wajah

Cuci daun jombang segar secukupnya, lalu rebus. Setelah dingin, kompreskan pada wajah yang berbercak. Lakukan setiap hari hingga bercak wajah hilang.


Catatan
Untuk beberapa orang akan mengalami rasa mual, muntah, rasa tidak enak di perut, dan diare ringan setelah minum rebusan herba jombang.

0 Response to 13 manfaat tanaman jombang bagi kesehatan

Post a Comment