14 manfaat dahsyat tanaman biduri untuk kesehatan

biduri


Biduri

 Suku asclepiadaceae


Catatan: 

-          Ibu hamil dilarang minum ekstrak tumbuhan ini karena dapat menyebabkan keguguran.

-          Karena getah biduri memiliki racun dan terdapat di semua bagian, hati-hati saat menggunakannya. Dosis yang berlebihan dapat menimbulkan tanda-tanda keracunan.

Biduri mengandung sapogenin, kallotoksin, kalaktin, resin, saponin, kolotropin, uskarin, dan gigantin. Biduri memiliki batang bulat dan tebal. Daunnya bertangkai pendek dan letaknya berhadapan. Permukaan daun bagian atas dan bawah berambut putih dan rapat. Hati-hati dengan getahnya, karena beracun dan dapat menyebabkan muntah.

 Kegunaan

Gastritis

Cuci bersih 1/3 genggam bunga biduri, lau rebus dalam 3 gelas air, sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum 3x sehari, masing-masing ¾ gelas.

 Trakom

Rebus ¾ genggam daun biduri dengan 3 gelas air, rebus hingga air tersisa ¾ nya. Sesudah dingin, saring. Gunakan sebagian airnya untuk mencuci mata, ulangi 3 kali dalam sehari. Sebagian lagi minum dengan tambahan madu secukupnya, ulangi 3x sehari, masing-masing ½ gelas.

Kaki gajah / filariasis

Ambil getah biduri ¼ cangkir. Gunakan untuk menggosok dan mengurut bagian badan yang menggembung, ulangi 2x sehari sebanyak yang di perlukan

Alternatif herbal untuk kaki gajah:

Jati Belanda

Digigit ular beracun

Cuci akar biduri sebesar  1 jari. Kunyah, lalu telan airnya. Gunakan ampasnya untuk menutup luka.

Alternatif herbal untuk di gigit ular:

Jambu mete

Kaki pegal dan lemas

Siapkan akar biduri secukupnya. Cuci lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan tepung beras dengan jumlah sama banyak, dan aduk hingga rata. Gosokkan pada bagian yang sakit.

Bisul

Teteskan getah buah biduri di atas bisul.


Alternatif herbal untuk bisul:

Tertusuk duri halus

Teteskan getah buah biduri di bagian yang tertusuk, maka duri akan keluar dengan sendirinya.

Alternatif herbal untuk kulit tertusuk:

Patah Tulang

Sakit gigi

Oleskan getah biduri pada gigi yang sakit secara hati-hati, jangan sampai kena gigi yang sehat.

Sariawan

Siapkan daun biduri secukupnya. Cuci, lalu tumbuk sampai halus, dan kemudian di peras. Oles hasil perasannya pada bagian yan gterkena sariawan.

Campak

Cuci ¼ genggam daun biduri, ¼ genggam daun asam muda, dan ½ jari rimpang kunyit. Tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata, saring lalu minum air saringannya. Ulangi 2x sehari.

Alternatif herbal untuk campak:

Sakit telinga

Cuci daun biduri muda sampai bersih. Tumbuk hingga halus. Peras dan saring. Teteskan perasannya pada telinga yang sakit. Lakukan 3-4x sehari

Sakit perut

Cuci daun biduri sampai bersih. Layukan di atas api. Oleskan minyak, lalu letakkan daun di sekitar perut.


Alternatif herbal untuk sakit perut:

Kudis

Cuci 1 genggam daun biduri segar sampai bersih, lalu bilas dengan air matang. Layukan di atas api, tumbuk dan tambahkan ¼ sendok teh kapur sirih. Setelah ramuan menjadi adonan seperti bubur kental, oleskan pada bagian tubuh yang terserang kudis.


Herbal alternatif untuk kudis:

Gatal


Cuci daun biduri sampai bersih. Oleskan minyak kelapa di bagian permukaannya dan layukan di atas api. Gunakan untuk membalur kulit yang gatal.

0 Response to 14 manfaat dahsyat tanaman biduri untuk kesehatan

Post a Comment