Manfaat penting Bunga Mawar sebagai obat

Mawar

Suku: Rosaceae

mawar pink wartapengobatan.com
Mawar


Mawar lebih dikenal sebagai tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Tanaman ini juga dikenal sebagai bunga ros atau “Ratu Bunga” digunakan sebagai simbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia. 

Di lihat dari sejarahnya beberapa peneliti mengatakan bahwa asal muasal bunga mawar dari daerah Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Dalam penyebarannya bibit tanaman mawar juga ikut menyebar luas hingga ke wilayah-wilayah yang beriklim dingin(subtropis) dan panas(tropis).

Ada beberapa daaerah pusat tanaman mawar utamanya di kawasan Alaska atau Siberia, India, Afrika Utara dan Indonesia. Di wilayah Indonesia bunga mawar dapat di temukan di sentra penanaman bunga potong biasanya terdapat di daerah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatra Utara.

Kandungan dan sifat

Bunga, daun dan akar mawar mengandung polifenol. Daunnya mengandung saponin dan tanin, sedangkan akarnya mengandung saponin dan flavonoida.

Kegunaan

1.       Batuk

Ambil 3 kuntum bunga mawar segar, seduh dengan 1 gelas air matang panas, kemudian hasil seduhan diminum sekaligus.

Alternatif herbal untuk batuk dan bronkhitis:


2.       Jantung koroner

Rebus 2 kuntum bunga mawar merah, 15 gr bunga siantan/soka dengan 500 ml air hingga tersisa 200ml. Airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan 2x sehari.

Alternatif herbal untuk jantung:
Cabe jawa

3.       Campak

  1.           Ambil dan rebus 2 kuntum bunga mawar yang masih segar, 20 gr temu giring dan 2 ruas tebu dengan rebusan 600ml air hingga tersisa setengahnya. Lalu minumlah air rebusan itu 2x sehari. Atau
  2.           15 kuntum bunga mawar direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal ¾ nya. Sesudah dingin saring, lalu diminum. Lakukan 3x sehari, masing-masing ¾ gelas
  3. Alternatif herbal untuk campak:

4.       Rambut rontok


Petik 1 kuntum bunga mawar lalu campurkan dengan 10 helai daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 helai daun mangkokan, 1 helai daun pandan, 10 kuntum bunga melati dan cuci hingga bersih. 

Bahan-bahan yang sudah di dapat tadi lalu dimasukan ke dalam panci yang berbahan email untuk nanti  ditambahkan  dengan minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kemiri masing-masing sebanyak ½ cangkir. Panaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Setelah dingin disaring, siap untuk digunakan. 

Gunakan campuran minyak tadi  dan oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Ulangi 2-3x seminggu.

Alternatif herbal untuk rambut:

0 Response to Manfaat penting Bunga Mawar sebagai obat

Post a Comment