Jarak Pagar Sebagai Obat Cacingan, Sakit Perut dan Penghilang Ketombe

Jarak Pagar

Suku : Euphorbiaceae

manfaat jarak pagar
Jarak Pagar


Seperti namanya, tanaman ini banyak ditanam di halaman rumah. Jarak pagar berbeda dengan jarak (Ricinus communis L.). Daun jarak pagar berwarna hijau tua dan menjari, daun jarak pagar lebih hijau muda, tidak menjari, tetapi berbentuk jantung. Bagian tanaman jarak pagar yang sering digunakan untuk pengobatan adalah biji dan daunnya.

Kandungan dan sifat


Daun jarak pagar mengandung kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan tarakserol. Bijinya mengandung minyak lemak, kursin, dan toksalbumin, glyceride asam palmitine, steraine, oleum lini, asam curcinoleine, dan zat sama. Daun dan biji jarak pagar bersifat mendinginkan, melancarkan peredaran darah.

Kegunaan

1.      Obat Cacingan:

Siapkan 4 helai daun jarak pagar segar. Lumat dengan 2 sdm minyak kelapa. Panaskan sebentar. Oleskan ramuan ini pada dubur, menjelang tidur malam. Pagi harinya, ambil cacing kremi dari dubur dengan kapas. Lakukan selama 4 hari berturut-turut.

Alternatif herbal untuk cacingan:

2.      Obat Encok

Siapkan 10 helai daun jarak pagar. Cuci lalu tumbuk halus. Lumat dengan air hangat seperlunya. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit, 2x sehari.

3.      Obat Penghilang Ketombe

Gunakan minyak jarak pagar secukupnya untuk menggosok dan mengurut bagian yang terkena ketombe, malam hari menjelang tidur.

Alternatif herbal untuk ketombe:
Pandan wangi

4.      Obat Luka

Siapkan 1 sdt minyak jarak pagar, ¼ sdt belerang, 1 jari tangan serutan kayu secang, dan 2 sdm vaselin. Panaskan semua bahan hingga meleleh sambil terus di aduk. Selagi hangat, ambil serutan kayu secang. Aduk terus hingga dingin. Oleskan ramuan ini pada luka, setiap 3 jam.

Alternatif herbal untuk luka:

5.      Obat Pencahar ringan

Cuci 4 helai daun jarak pagar segar hingga bersih. Kukus dan makan sebagai lalap. Lakukan selama  7 hari atau lebih, sampai dapat buang air secara teratur. Namun penderita gangguan batu empedu harus berhati-hati menggunakan ramuan ini karena dapat menyebabkan mual dan sakit perut.

Alternatif herbal untuk sembelit:
Aren
Jambu Mete

Ceremai
Daun Wungu

6.      Obat Sakit Perut Pada Anak

Siapkan 3-4 helai daun jarak pagar segar. Olesi minyak kelapa secukupnya. Panaskan di atas api kecil sampai layu. Remas dengan hati-hati. Tempelkan pada perut, kemudian ikat dengan gurita.

Alternatif herbal untuk sakit perut:
Aren
Jambu Mete

Ceremai

Daun Wungu
Catatan: 
Jika dimakan, biji jarak pagar dapat menyebabkan keracunan.  
Tanda-tandanya : pusing, mual, sakit perut, mencret. Jika keracunan, minum pencahar atau usahakan untuk memuntahkannya. Juga minum madu, gula merah dan air asam.

0 Response to Jarak Pagar Sebagai Obat Cacingan, Sakit Perut dan Penghilang Ketombe

Post a Comment