Ekstrak keladi tikus untuk obat

Keladi Tikus

Suku: Araceae

manfaat keladi tikus
Keladi tikus


Sering disebut bira kecil, ki babi, ileus atau trenggiling mentik. Tanaman berumbi tanpa batang di atas tanah ini tingginya 10-45cm. Bagian tumbuhan keladi tikus terlihat sebagai batang sebenarnya adalah pelepah daun. Tumbuh di tempat terbuka, atau tempat lembab yang rindang. Tanaman keladi tikus biasa dianggap sebagai gulma.

Kandungan dan sifat:

Tanaman keladi tikus mengandung asam heksadekanoat, asam oktadekanoat, asam fenil tridekanoat. Saat ini sedang diteliti sebagai obat antikanker. Di malaysia, sudah diproduksi ekstrak keladi tikus dalam bentuk siap minum

Kegunaan:

1.      Obat koreng

Cuci bersih umbi segar keladi tikus secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan di bagian kulit yang sakit.

Alternatif herbal untuk koreng:

2.      Obat kanker

Siapkan 3 herba keladi tikus. Rendam dengan air selama ½ jam. Cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Peras dengan kain. Air perasan ditambahkan ½ sendok makan madu, lalu minum segera. Lakukan 3x sehari, saat perut kosong, sekurang-kurangnya 2 jam sebelum makan.

Alternatif herbal untuk kanker:
Catatan:

- Dalam keaadaan segar, umbi keladi tikus mengandung senyawa yang bisa menyebabkan lidah dan bibir membengkak dan gatal. Pengaruh ini bisa hilang jika umbi keladi tikus dikukus dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum di gunakan.
- Jika tangan menjadi gatal cuci dengan air gula.
- Wanita hamil dilarang menggunakan keladi tikus sebagai obat dalam.- Saat menumbuk hati-hati jangan sampai terkena mata.
- Tidak dianjurkan minum obat keladi tikus sesudah menjalani operasi. Tunggu hingga paling tidak 2 minggu setelah operasi. 
- Jika mual atau muntah ketika minum obat keladi tikus, kurangi dosisnya atau hentikan pengobatan sampai gejala hilang.

0 Response to Ekstrak keladi tikus untuk obat

Post a Comment