6 Manfaat Penting Ginseng Cina atau Korea Sebagai Obat

Ginseng

Suku Araliaceae

Ginseng


Ginseng merupakan obat tradisional yang sangat popular. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah akarnya. Di Cina dikenal sebagai ren shen. Terdapat beberapa jenis Ginseng, namun yang diyakini paling berkhasiat untuk pengobatan tradisional adalah Ginseng korea (korean red ginseng) dan cina.

Kandungan dan sifat

Akar Ginseng mengadung lebih dari 200 senyawa kimia. Beberapa diantaranya, glikosida saponin, asam amino, panaxoside, ginsenoside. Penelitian menunjukan, Ginseng dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, dan memperbaiki fungsi hati.
Rasanya manis, sedikit pahit, sifatnya hangat. Selain berkhasiat sebagai stimulant, Ginseng juga dapat menguatkan energi vital, energi limpa dan energi paru, meningkatkan fungsi aliran darah ke otak, aprodisiak, sedative, dan meningkatkan imunitas.

 Kegunaan

1.      Meningkatkan Stamina dan Gairah Seksual Pria

Siapkan 10gr Ginseng cina atau korea (korean red ginseng). Rebus dengan air secukupnya selama 30-60 menit. Saring dan minum sekaligus, sebelum makan. Cara lain: kulum Ginseng tersebut, dengan dosis separuhnya.


Alternatif herbal untuk meningkatkan gairah:
Ginseng Merah
Pasak Bumi

2.      Menangkal Stres

Siapkan sejumput Ginseng cina atau korea (korean red ginseng), sejumput daun sage (Salvia officinalis) dan 2 bunga cengkeh. Seduh ramuan tadi dengan 1 gelas air panas, biarkan dalam keadaan tertutup selama 15 menit. Aduk sebentar, lalu saring. Minum air ramuan ini selagi hangat. Lakukan 1x sehari.

3.      Gangguan Prostat

Siapkan 1-2gr Ginseng cina atau korea (korean red ginseng). Potong-potong seperlunya atau tumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Diamkan selama 15 menit. Minum sekaligus air seduhannya. Cara lain: hisap langsung Ginsengnya.

4.      Diabetes

Siapkan 8 gr Ginseng cina atau korea (korean red ginseng). Rebus dengan 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih. Kecilkan api. Rebus terus dengan api kecil selama ½ jam. Minum ramuan ini 1x sehari, pada pagi hari sebelum sarapan.


Alternatif herbal untuk diabetes:

5.      Lelah, Kurang Nafsu Makan

Rebus 5-10 gr Ginseng dengan air secukupnya, selama 30-60 menit. Minum air rebusan pagi hari pada saat perut kosong. Lakukan 1x sehari.

Alternatif herbal untuk kurang nafsu makan:

6.  Kanker Saluran Cerna (Lambung dan Usus), Organ Kemaluan Wanita, Paru, Leukimia

Tim 3-9 gr Ginseng dengan air secukupnya selama 30-60 menit. Minum airnya sekaligus pada pagi hari.


Alternatif herbal untuk kanker:



Catatan:
  • Penderita hipertensi dan remaja dibawah 19 tahun tidak dianjurkan minum Ginseng
  • Untuk merebus Ginseng, jangan gunakan alat berbahan logam.
  • Ginseng tidak boleh dicampur dengan veratrum nigrum, dairy products, opium, teh, dan white turnip.
  • Wanita tidak dianjurkan sering-sering minum akar tanaman ini.

0 Response to 6 Manfaat Penting Ginseng Cina atau Korea Sebagai Obat

Post a Comment