5 manfaat penting sambang darah

SAMBANG DARAH
(Excoecaria cochinchinensis Lour.)


Suku: Euphorbiaceae

sambang darah wartapengobatan
sambang darah







Biasa ditanam di pekarangan sebagai pagar hidup atau tanaman hias. Kadang tumbuh liar. Menyukai tempat yang tergenang air. Daunnya tunggal dan bertangkai.Helai daunnya berbentuk jorong sampai lanset memanjang. Ujung dan pangkalnya runcing. Permukaan atas daun berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawah merah gelap.Warna daun muda lebih mengkilap.Getahnya berwarna putih. 



Bagian tanaman yang dipakai untuk pengobatan adalah daun, ranting, dan akar.Tanaman ini kadang-kadang disebut daun remek daging atau ki sambang. 



Kandungan dan sifat:




Tanaman ini mengandung tanin, asam behenat, triterpenoid eksokarol, silosterol. Getahnya mengandung resin dan beracun. Sambang darah rasanya pedas, sifatnya hangat, beracun. Tumbuhan sambang darah memiliki khasiat untuk membunuh parasit, menghilangkan gatal (antipruritik), dan menghentikan perdarahan (hemostatis). 

Kegunaan:

1. Penyakit kulit kronis (psoriasis, eksem), Luka berdarah:

Cuci daun segar sambang darah secukupnya. Giling sampai halus, Bubuhkan pada tempat yang sakit, Ialu balut. 

Alternatif herbal untuk eksim:
Mahoni
Mahkota dewa
Coklat

Alternatif herbal untuk psoriasis:
Mahkota dewa

2. Disentri:

Cuci 15 helai daun sambang darah. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring, dan bagi 2 sama banyak. Minum pagi dan sore. 

3. Muntah darah:

Cuci 10 helai daun sambang darah. Giling halus. Tambahkan seujung sdt garam dan 1/2 cangkir air masak.Aduk rata lalu saring dan peras dengan sepotong kain. Minum sekaligus. 

Alternatif herbal untuk muntah darah:


4. Perdarahan haid:

Cuci dengan air ranting kering sambang darah sebesar jari kelingking hingga bersih. Potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai berkurang hingga separuhnya. Minum air rebusannya 3x sehari. Masing-masing 1/2 gelas. 

Alternatif herbal untuk haid:

5. Perdarahan setelah bersalin, keguguran:

Siapkan akar sambang darah sebesar 1 1/2 jari kelingking. Cuci bersih lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan bagi dua sama banyak. Minum pagi dan sore. 

Alternatif herbal untuk pendarahan pada rahim:

0 Response to 5 manfaat penting sambang darah

Post a Comment