5 manfaat penting landep bagi kesehatan

Landep

Suku : Acanthaceae

manfaat landep
Landep


Tumbuhan Landep berasal dari asia tropis dan afrika selatan. Di Indonesia, banyak tumbuh di daerah yang beriklim kering. Merupakan tumbuhan liar atau ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai ketinggian 400m diatas permukaan laut.





Berbentuk perdu dengan tinggi 1,5-2m. Tumbuhan landep memiliki batang kayu berbentuk segi empat, berbuku-buku, berambut dan memiliki duri yang kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. 






Memiliki daun tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan dan memiliki panjang tangkai daun 4 hingga 8mm. Bentuk helai daun Landep  menjorong sampai lanset atau bulat telur memanjang, ujung meruncing, pangkal meruncing menyempit sepanjang tangkai, tepi rata agak berombak, panjang 2-18cm, lebar 2-6,5cm, pertulangan menyirip dan berwarna hijau.





Tanaman Landep juga memiliki bunga yang tunggal simetris pada kedua sisi, di ketiak daun, mahkota bertajuk lima, bentuk elips memanjang dan warnanya kuning. Buah landep memiliki bentuk kotak, bulat telur, pipih, ujung agak lancip, keras, terbagi dua dan warnanya hijau. Biji bulat telur, pipih mengkilap seperti beledu, warna coklat. Perbanyakan dengan biji atau stek batang.
Bagian yang dapat digunakan adalah daun dan akarnya. Di Jawa Barat tanaman ini disebut jarong, sementara di mandura disebut landhep.

Kandungan dan sifat:

Daun Landep mengandung saponin, flavonoida, tanin, garam kalium dan silikat. Akarnya mengandung saponin flavonoida dan polifenol. Daunnya yang berbau agak lemah dan rasa agak kelat berkhasiat sebagai peluruh kencing(diuretik), tonik, pereda demam(antipiretik), dan peluruh dahak. Sementara akarnya berkhasiat sebagai pereda demam(antipiretik). Kulit kayunya berkhasiat sebagai peluruh dahak dan peluruh keringat(diaforetik).

Kegunaan

1.      Rematik dan sakit pinggang:

Ambil 10 helai daun landep segar. Tumbuk halus, lalu tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata. Balurkan ke bagian tubuh yang nyeri sampai rasa nyeri menghilang.

Alternatif herbal untuk rematik:


Alternatif herbal untuk sakit pinggang:

2.      Kurap dan panu

Ambil segenggam akar daun landep, lalu digiling halus. Tambahkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis, lalu diaduk merata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap, lalu dibalut. Ganti 2x sehari sampai sembuh.

3.      Sakit gigi

1 helai daun landep segar dicuci lalu dikunyah di daerah gigi yang sakit.

Alternatif herbal untuk sakit gigi:

4.      Gusi nyeri dan berdarah

Daun landep segar dicuci lalu digiling halus. Air perasannya ditambahkan sedikit madu. Gunakan untuk dioleskan pada gusi yang sakit.

Alternatif herbal untuk gusi:
Sisik naga

5.      Demam, sakit perut dan kencing sedikit

Ambil 1 genggam daun landep segar dicuci, lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Alternatif herbal untuk demam:


Alternatif herbal untuk sakit perut:
Bandotan
Bawang Daun
Jati Belanda
Biduri

Alternatif herbal untuk melancarkan kencing:

0 Response to 5 manfaat penting landep bagi kesehatan

Post a Comment